Friday, November 17, 2017

Internet Sehat Jadi Manfaat

Zaman dahulu internet dikembangkan sebagai sebuah proyek rahasia militer. Departemen Pertahanan Amerika Serikat mengembangkan internet pada tahun 1969, sebagai sebuah teknologi untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain yang tersebar di daerah-daerah vital untuk mengantisipasi masalah terkait serangan nuklir.

Teknologi lain yang kemudian berkembang sehubungan dengan internet adalah World Wide Web (www) yaitu sebuah media elektronik yang dapat diakses secara global melalui jaringan internet. Selepas tahun 1990, the world wide web adalah media yang membuat kita bisa mengakses aneka konten mulai dari gambar, surat kabar, radio, hingga televisi.
Seperti juga pada awal kemunculannya di dunia, internet di Indonesia pada awalnya digunakan di dalam ranah akademisi. Bisa mengakses internet adalah barang mewah yang tidak sembarang orang dapatkan dengan mudah. Tapi kini teknologi berkembang sangat pesat. Semua orang just one touch away from the internet.  

Saya ingat banget zaman mengakses internet dengan kabel telepon terhubung di modem PC. Istilahnya “dial up”. Lalu berharap-harap internet tersambung sembari mendengar suara-suara khas sambungan telepon. Jingle iklan lagu: kosong delapan kosong sembilan delapan... dst. yang berisi nomor-nomor yang harus ditekan untuk membuat sambungan internet lewat jaringan telepon kabel juga masih nyantol di kepala. Tarif internet saat itu berkisar antara 15ribu rupiah untuk akses internet per jam lewat kabel telepon. Tapi jangan ditanya kecepatannya. Untuk membuka satu email perlu waktu sekitar satu sampai dua menit.

Selanjutnya mulai muncul perusahaan Internet Service Provider (ISP). Kantor saya bersama teman-teman akhirnya memutuskan untuk berlangganan internet lewat ISP ini. Biayanya sekitar 500 ribu per bulan. Tapi, sebelumnya kami harus memasang antena dan perangkat lain di atap kantor, yang memakan biaya sekitar 3 jutaan. Itu waktu tahun 2000an. Cukup mahal, kan. Tapi layanan ISP ini lumayan cepat, dan bisa dipakai untuk beberapa komputer di kantor. 

Punya sambungan internet unlimited sangat memudahkan saya dalam menyelesaikan berbagai urusan.  Selain untuk menyelesaikan pekerjaan, bahagia rasanya bisa akses internet tanpa ngitung jam dan bisa mendapatkan bahan-bahan tugas kuliah dengan lebih cepat. Sekali-sekali, internet juga saya pakai untuk berkomunikasi dengan teman-teman kuliah via mailing list dan Yahoo Messenger. Internet sungguh berfaedah. Hehe.

Internet, Kebutuhan Pokok
Kini masa internet susah memang sudah berlalu. Teknologi semakin murah, dan saya sangat terbantu karena banyak pekerjaan yang bisa dikerjakan tanpa harus melulu datang ke kantor. Bisa email aneka dokumen, bisa berkomunikasi bahkan video call lewat ponsel sekalipun sedang di gunung, sungguh terbantu dengan internet.  

Seolah-olah, akses internet sekarang termasuk dalam 10 bahan pokok kehidupan umat manusia. Tidak hanya orang dewasa, tapi juga anak-anak. Anak-anak masa kini yang sering disebut generasi Z, adalah anak-anak yang seakan baru lahir saja sudah nempel dengan kebutuhan berinternet. Ibu-ibu mana yang nggak pernah mempertontonkan lagu Baby Shark di rumah untuk anak balitanya lewat Youtube? Generasi Z juga sangat mudah beradaptasi dan menyerap teknologi baru.

Padahal Generasi Z ini sebagian besar ortunya adalah generasi X dan Y yang rata-rata baru melek internet selepas akil baligh. Nanti setelah generasi Z datang lagi generasi Alpha yang akan menyimpan semua datanya secara online di cloud. Generasi Alpha ini akan menemukan aneka teknologi yang lebih canggih lagi. Mungkin di masa depan orang tinggal kedip langsung konek internet. 

Internet Sehat biar Manfaat
Derasnya arus informasi di internet memang sulit untuk dibendung. Seperti pisau, internet bisa bermanfaat, bisa juga membuat celaka. Terutama karena aneka konten tidak baik yang sangat mudah tersebar berkat mudahnya akses internet. Hal negatif dari internet yang sedang gencar diperangi pemerintah adalah penyebaran berita tidak benar atau berita hoax. Hoax ini sangat berbahaya karena tersebar dengan begitu cepat dan tanpa filter. Tidak semua orang cukup bijak melakukan cek dan ricek kebenarannya. Belum lagi pornografi, kekerasan, dan lain-lain yang sangat mudah tersebar lewat internet.

Meskipun internet bisa disebut termasuk bahan pokok kehidupan manusia sekarang, sebagai pemakai, kita jangan sampai diperbudak internet. Sebagai pengguna yang pintar, harus bisa mengelola penggunaan internet yang sehat, supaya internet benar-benar menjadi manfaat bagi kita.

Internet Sehat untuk Anak-anak

Anak-anak sekarang tidak ada yang bisa steril dari internet. Selain untuk keperluan tugas sekolah, bermain, internet juga dipakai untuk hiburan.

<a href='https://www.freepik.com/free-photo/cute-kid-with-tablet-in-the-dark_1188247.htm'>Designed by Freepik</a>

Saya termasuk yang tidak menerapkan secara saklek kepada anak-anak, jam-jam untuk berinternet. Mengapa? Ya ini karena saya menyadari kalau dengan aktivitas dan pekerjaan saya membuat saya terkadang butuh untuk berinternet kapan saja, tanpa dibatasi jam kerja. Saya tidak mau anak-anak protes karena melihat orang tuanya akses internet dengan bebas, sementara mereka cuma bisa menontoni. Kami menyediakan waktu mereka mengakses internet lewat ponsel atau komputer yang tidak saklek tapi tetap terkontrol.
Langkah-langkah yang dilakukan antara lain:
  • Meletakkan komputer di ruang keluarga. Setidaknya apa yang dibuka anak-anak bisa lebih terkontrol karena tidak sembunyi.
  • Mengaktifkan restricted mode di Youtube dan mesin pencari sembari secara insidental turut menemani anak ketika menonton.
  • Mengontrol setiap game yang akan diunduh di ponsel sampai ke iklan-iklannya.
  • Belum memperbolehkan anak-anak memiliki ponsel sendiri dan media sosial.
  • Memberikan fasilitas untuk anak-anak bisa beraktivitas di rumah selain memakai ponsel/ PC. Intinya kalau melarang atau membatasi, harus mencarikan ganti aktivitas yang bisa mereka lakukan.
  • Selalu update dengan perkembangan teknologi

Tapi saya kira sepandai apapun kita memfilter dengan teknologi, informasi negatif dari internet akan selalu menemukan caranya untuk mencapai anak-anak kita. Jadi yang paling penting bukan hanya membatasi internet secara teknologi, tapi membentengi diri sendiri dan keluarga dari pengaruh negatifnya dengan berusaha memberikan pengertian tentang dampak negatif konten tak sehat kepada anak-anak.

Tips internet sehat untuk Saya
Karena sehari-hari juga menggunakan internet, saya berusaha membatasi diri juga agar penggunaan internet tetap bermanfaat. Antara lain:
  • Tidak jadi follower akun-akun gosip atau akun yang sering menyebarkan berita negatif. 
  • Tidak gatal menyebarkan berita yang diterima lewat medsos
  • Tidak reaktif terhadap berita di medsos. Selalu cek dan ricek. 
  • Banyak beraktivitas dengan orang lain, menjadi anggota masyarakat yang aktif. 
Salah satunya untuk bisa memanfaatkan internet yang sehat adalah menjadi anggota komunitas yang mendorong pemanfaatan teknologi dan internet ini untuk menjadi lebih produktif. Salah satunya dengan bergabung bersama komunitas Gandjel Rel. Di sana banyak blogger, influencer, penulis, dan anggota yang tak segan berbagi ilmu dan pengalamannya di dunia yang erat kaitannya dengan internet.

Siapa yang tidak terinspirasi dengan Mbak Penulis, blogger, seleb, yang kece dan humble, Dewi Rieka,  atau mbak blogger yang aktif di berbagai komunitas Prananingrum? Seperti arisan blog Gandjel Rel kali ini, tentang internet sehat. Berinternet sehat, salah satunya ya dengan menulis konten yang sehat. Semoga tulisan saya untuk arisan blogger Gandjel Rel kali ini juga bermanfaat.


3 comments:

  1. Setuju banget mbakwind. Untuk semnetara kalo aku baru sebatas menenmani si kecil ketika mereka mintak main hp emaknya. Lom berani beliin sendiri. Coz bahkan game kdg juga menebarkan kekerasan yg gampang bgt ditiru anak2.

    ReplyDelete
  2. Setujuu temani anak online dan nggak reaktif baca berita yang lewat di TL hihihi baru judulnya saja kadang kita tersulut amarah :p

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah aku juga nemenin nadia kalo berinternet ria mbak dan Alhamdulillah aku juga oantang ngikuti akun gosip

    ReplyDelete