Thursday, December 14, 2017

Menciptakan Kenangan Manis di Hari Ibu


Menyambut hari ibu di bulan Desember, Mbak Chela dan Mbak Noorma mengusung tema Ibu untuk arisan Blog Gandjel Rel ke 17. Keduanya adalah blogger perempuan yang aktif dan aktif di Semarang dan sekitarnya. 

Mengapa sih perlu ada hari Ibu segala? Sebetulnya benar kalau memberikan kasih sayang untuk siapapun apalagi untuk Ibu memang tidak harus menunggu hari Ibu. Tapi pada dasarnya manusia membutuhkan momentum, untuk melakukan atau memperingati sesuatu. Sebagai penanda supaya hidup tidak hanya mengalir apa adanya. 

Di Indonesia, hari ibu dirayakan pada tanggal 22 Desember. Pemilihan tanggal ini diresmikan oleh Presiden Soekarno, lho. Hari Ibu dicanangkan pada tahun 1953, tepatnya pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia. Selain hari ibu di Indonesia, hari Ibu secara internasional juga dirayakan sekali dalam setahun. Di banyak negara seperti Amerika Serikat, Australia, Jepang, Singapura, Denmark, Filipina, New Zealand, (Hampir di seluruh dunia), hari Ibu diperingati setiap pekan kedua bulan Mei. 

Sumber: Freepik <a href='https://www.freepik.com/free-vector/pretty-background-with-watercolor-flowers-for-mother-s-day_1102231.htm'>Designed by Freepik</a>


Sosok Ibu adalah simbol kasih sayang keluarga. Madrasah pertama bagi anak-anak juga dari ibu. Jadi jika sekali dalam setahun ada hari yang khusus dipersembahkan untuk ibu-ibu, bagi selain ibu-ibu tidak sepantasnya protes. Hehe. Memberikan atau menunjukkan kasih sayang untuk ibu memang bisa kapan saja, tak ada salahnya di satu hari yang istimewa kita memberikan juga perlakuan istimewa kepada ibu-ibu kita. Hari ibu bisa juga jadi ajang untuk menunjukkan kasih sayang kepada orang yang sudah menjadi malaikat Tuhan di muka bumi untuk kita. 

Nah, berkaitan dengan hari ibu yang masih beberapa hari lagi, yuk kita sama-sama berusaha memberikan kenangan manis untuk ibu-ibu kita. Kalau idenya lagi mentok, ada nih 7 ide untuk merayakan hari ibu. 

1. Ajak Ibu Piknik

Piknik tidak perlu ke tempat yang jauh atau mahal. Piknik bisa dilakukan di dalam kota. Sekarang banyak taman-taman di kota yang bagus, ajak Ibu menikmati suasana yang berbeda. Jangan lupa siapkan juga makanan dan camilan. Kalau perlu bawa tikar, dan bikin suasana jadi seperti piknik betulan. Piknik ini juga bisa dilakukan di halaman rumah, lho!

2. Traktir Ibu Makan

Kalau piknik terasa merepotkan, ajak saja Ibu ke restoran. Kalau selama ini kita selalu dimasakin ibu aneka makanan enak, dalam sehari biarkan ibu menikmati hari tanpa belanja dan memasak. Ajak beliau makan di restoran yang beliau inginkan, atau pesan antar makanan ke rumah, dan hidangkan dengan menarik di atas meja makan. 

3. Beri Pijatan Kaki (dan Pundak)

Aktivitas Ibu sehari-hari tentunya membuat badan ibu letih. Siapkan baskom berisi air hangat. Rendam kaki Ibu pakai garam mandi atau rebusan rempah-rempah yang bisa dibeli dengan harga sangat terjangkau di pasar tradisional. Setelahnya pijat kaki ibu. Ingat kan, kalau surga itu ada di telapak kaki beliau. Kalau energi masih ada, pijat juga pundak ibu tercinta. 

4. Ajak Belanja

Siapkan buget yang cukup buat Ibu membeli barang yang paling beliau inginkan. Yakin deh, ibu-ibu tidak akan tega minta barang yang mahal-mahal pada anaknya. Bahkan seringkali akan menolak. Tapi ibu akan senang karena tahu anaknya bersedia memberikan sesuatu untuknya. 

5. Beri Waktu Bebas Seharian

Memberikan waktu bagi ibu untuk melakukan hal yang menyenangkan di luar rumah tanpa memikirkan pekerjaan, pekerjaan rumah tangga, dan lain-lain meskipun hanya sehari akan sangat berharga. Tapi dengan begitu jangan sampai rumah yang ditinggalkan cuma beberapa jam saja jadi berantakan ketika ibu pulang. 

6. Sehari tanpa Membantah

Tidak usah harus dijelaskan lagi kaan. Hayo, berani nggak? Hihihi. 

7. Ajak Nonton

Mudah-mudahan sih waktu hari Ibu ada film bagus yang cocok sedang diputar di bioskop ya. Kalaupun tidak ada, bisa menyewa dvd dan menonton film di rumah saja. Buat suasana rumah seperti bioskop, bikin (atau beli) popcorn, dan jauhkan gangguan selama jam nonton bareng Ibu. 

Selain ide-ide di atas ada banyak lagi kegiatan yang bisa dilakukan untuk menciptakan kenangan manis dengan ibu kita. Sedikit usaha untuk memberikan kenangan yang awet di benak ibu tersayang. Ada yang bilang jika kenangan itu akan bertahan lebih lama dibandingkan barang yang mudah rusak atau dilupakan. 

From Freepik <a href='https://www.freepik.com/free-vector/floral-background-with-birds-for-mother-s-day_1109593.htm'>Designed by Freepik</a>

Salam kangen dan cinta untuk ibu-ibu saya. Yang melahirkan, yang mendidik, yang memberi nasihat, yang memarahi, yang menjadi teman, yang masaknya enak, yang suka bercerita, yang kadang menyebalkan. Semua dihardirkan Allah untuk kebaikan saja. 





8 comments:

  1. Ajakin ibu jalan2 pasti seneng, aku sering sih, hihii

    ReplyDelete
  2. Setujuuu.. dari ke7 hal diatas Ibuku paling suka kalau diajak jalan2 deh ni mbawind

    ReplyDelete
  3. Siip...7 tipsnya keren bgt niih... Bbrp sdh kupraktekkan mb...

    ReplyDelete
  4. sehari tidak membantah... hmmm kayaknya boleh juga hhehe

    ReplyDelete
  5. Ada yang mau nraktir ibu Dini? saya juga ibu ibu loh...

    ReplyDelete
  6. Setuju banget mbaaaa.... Sederhana ya buat ngebahagiain ibu... Dulu aku gantiin ibu beres2 rumah.hahaha

    ReplyDelete
  7. Jadi inget waktu SD aku pernah kasih mama hadiah kupon pijet gratis selama seminggu full hahhaha...

    ReplyDelete