Wednesday, August 27, 2014

Mak Irits Memberiku Ini



Sebagai pembaca komik sejak kecil, saya sangat menikmati komik  Miss Hagemaru yang diunggah Rahmi Aziza di facebooknya. Kena banget dengan keseharian sebagai ibu-ibu yang tentu berupaya bisa mendapatkan sebanyak mungkin dengan pengeluaran seminim mungkin. Awalnya saya nggak nyangka lho, orang semanis Rahmi –abis ini traktir ya—ternyata menyimpan kegokilan di kepalanya.

Waktu dengar komik Miss Hagemaru -kemudian berubah jadi Mak Irits- akan diterbitkan, saya ikutan teriak: Yeay! Asyiknya setelah itu saya mendapatkan komik Mak Irits dengan cara paling irit alias menang kuis di twitter. Komik berbandrol 28.000 itu tandas kurang dari setengah jam saja. Enak sih!

Kerudung merah: Rahmi Aziza, emaknya Mak Irits. Manis kan.

 Kisah Mak Irits sampai ke penerbit juga menarik disimak. Awalnya Rahmi berniat menawarkan komik ini ke koran. Setelah sekian lama menanti, diputuskan untuk diunggah secara berkala di blog. Eh, dari sana justru ketemu jodoh penerbit yang meminta komik ini diselesaikan dengan segera. Ah, jodoh tak kemana memang.

Mak Irits menyampaikan cerita sehari-hari ibu rumah tangga kurus, bercelemek, dan bercepol di atas kepala, yang rupanya menggenggam prinsip hidup irits for life. Gambarnya simple tapi kena banget ekspresinya. Saya jadi ingat komik ‘Monika’ yang suka saya baca di zaman kuliah. Kisahnya lucu dan bikin saya teringat polah saya sendiri. Kadang bikin saya pengen jitak Mak Irits karena saking gilanya, atau ber-high five, karena kita sama Mak! Toss!

Salah satu favorit saya cerita tentang kredit panci pakai nama nenek-nenek! Haha! *devil nih Mak Irits

Buat yang penasaran, buruan cari komiknya di tobuk. Ada facebook Mak Irits nya juga. Di sana banyak tip-tip berguna dari Mak Irits!

No comments:

Post a Comment