Thursday, June 22, 2017

Bersama ASUS E202 - Tetap Produktif Untuk yang Kreatif


Suatu pagi ketika sedang liburan akhir tahun di pinggir kali (mau tubing) ponsel berbunyi: *suara musik*

“Mbak, saya minta dibuatkan SPH (Surat Penawaran Harga) dan dikirim siang nanti ya.”

Atau dalam perjalanan di mobil ada WA masuk:

“Da (Winda), gambar ruko yang kemarin itu dibuat sekalian sama proposalnya. Diemail hari ini, ya.”  
(Ini order dari pak Bos Babe dari Jakarta)

“Tolong buatkan surat ijin masuk site, Bu, urgent,” teriak orang lapangan. 

“Bu, dokumen sudah di approve, bisa segera kirim invoice ya, sebelum tutup buku.”

Atau di luar itu semua waktu saya lagi bengong jemput sekolah anak-anak: Ting! Dapet ide menulis. Ah, tapi nggak bisa langsung diketik, entar aja deh di rumah. Dan begitu sampai rumah, lupa!

Ehm, memang banyak aktivitas random dalam keseharian saya. Hehe. Sebagai arsitek kambuhan, "tukang outbound", punya usaha kecil merangkap aneka jabatan di kantor, banyak hal yang harus dikerjakan sendiri. Selain pekerjaan yang berhubungan dengan gambar dan mendesain rumah, sampai yang berurusan dengan dokumen dan surat menyurat. Ada lagi kegiatan membantu Bos Babe yang membuat saya harus cepat mengirim aneka gambar, presentasi, surat, proposal, dokumen apapun yang bapak saya butuhkan. Belum lagi aktivitas menulis yang meskipun baru berani dibilang hobi, tapi ada juga deadline di sana-sini. 

Tidak jadi masalah kalau saya sedang stand by di dekat PC (Personal Computer), tempat semua data-data kantor, keluarga, dan pribadi dari jaman kuliah tersimpan. Berada di dekat PC, membuat saya selalu siap jika ada pekerjaan dadakan. Belum lagi aplikasi-aplikasi yang sering saya gunakan untuk bekerja, dari CAD (Computer Aided Design – piranti lunak untuk mendesain rumah-) sampai aplikasi e-faktur dari kantor pajak, lengkap di sana semua. PC juga aman terkoneksi dengan internet, jadi gampang untuk cari referensi sekaligus kirim dokumen kemanapun. 

Saya memang rada posesif sama PC saya. Soalnya andalan banget sih. Gara-gara itu juga, sering saya bela-belain bawa PC dan uborampenya yang seabrek itu jika ke luar kota dalam jangka waktu yang lama.
Sungguh ribet dan nggak praktis, memang.

Tapi jika dalam kondisi jauh dari PC, berkat kerjaan yang bisa dibilang serabutan dan campur aduk itu, saya sering kerepotan sendiri. Sekedar ada orang minta dikirimin surat, bisa diatasi dengan smartphone. Tapi kalau sudah menyangkut pekerjaan desain, gambar, proposal, presentasi, tulisan yang panjang, apalagi bikin invoice dan faktur, smartphone tentunya tidak maksimal membantu.

Memang kudunya saya punya notebook, yang bisa mendukung saya mengerjakan semua hal di atas. Apalagi belakangan saya cukup sering bepergian yang mengharuskan saya bekerja di luar kota. Masa iya mau nggembol PC ke mana-mana? Trus kalau nggak ada PC, nggak bisa kerja? Mesti terus produktif dong ah!

Oke, saatnya cari notebook yang andal, mudah dan praktis di bawa bepergian, punya performa yang bagus sehingga bisa menjalankan berbagai aplikasi yang saya butuhkan, bisa menampung data saya yang seabrek-abrek, dan yang nggak boleh ketinggalan, ekonomis. Lebih bagus lagi, kalau notebooknya kece.

"Ehm, Mbak, makanya punya ini dong, kayak saya."
Eh, mas-mas yang pake kacamata, bawa apa tuh?

Wah, usut punya usut, itu notebook ASUS seri E202. Sepertinya cocok nih, buat saya. Saatnya mencari info tentang notebook yang satu ini. 

PRAKTIS DIBAWA KEMANA-MANA


Pakai tas cantik, bisa tetap produktif bawa ASUS E202
Wah ini nih yang jadi catatan pertama saya tentang ASUS E202. Notebook ini bobotnya sangat ringan yaitu cuma 1,21 kg. Ditambah lagi dimensinya hanya 193 x 297mm, yang tidak lebih besar dari kertas berukuran A4. Artinya? Pas banget dimasukkan ke dalam tas. Nggak perlu ribet bawa tas ransel atau tas gede yang suka bikin penampilan kita kayak mau ikutan seminar berhari-hari. ASUS E202 bisa muat ke dalam ke tas cantik dan ikut hang out kemanapun. Enteng pula!

DAYA TAHAN BATERAI OKE BANGET
Yang kedua, apalah artinya punya notebook kalau setiap mau dipakai kudu nempel sama colokan listrik. Nah, ASUS E202 ini punya baterai awet yang bisa tahan sampai delapan jam. Yoi, catat: D E L A P A N jam. Pasti aman nih kalau butuh kerja selama di perjalanan, atau pas lagi jemput anak-anak pulang sekolah, atau pas di pinggir kali seperti awal cerita ini. Hehe. Jadi nggak bengong lagi dan yang pasti tetap produktif. 

PERLENGKAPAN KOMPLIT
Walau ukurannya minimalis, ASUS E202 ini dilengkapi dengan USB port, sebuah micro HDMI port, dan slot MicroSD. Salah satu USB portnya adalah USB 3.1 tipe C. USB 3.1 tipe C ini sangat menghemat waktu, dapat dicolok dengan berbagai arah dengan colokan reversible setiap saatnya. Kecepatan transfernya juga 11 kali lebih cepat dibandingkan dengan USB 2. Cocok buat saya yang sering mindah-mindahin data dari hardisk eksternal dan flashdisk ke notebook. 

Masnya asyik banget kerja pakai ASUS E202
Ada slot micro SDnya pula, jadi praktis kalau ingin memindahkan data dari ponsel. Biasanya tuh saya suka ribet mindahin foto-foto kerjaan untuk disatukan dalam dokumen laporan kerja gitu. Pakai slot micro SD ini pekerjaan saya akan lebih mudah dan cepat.
Colokan HDMI-nya juga akan memudahkan saya ketika harus menampilkan dokumen ke layar LCD. Ini penting banget untuk presentasi di kantor. Kualitas gambarnya pasti jadi lebih tajam.

RUANG PENYIMPANAN BESAR DAN PROSESOR CANGGIH
Selanjutnya yang penting adalah seberapa banyak data-data dapat disimpan dengan aman di notebook. Dengan aneka pekerjaan serabutan tadi, saya jadi perlu banyak tampat untuk menyimpan data. 

Nah ASUS E202 punya kapasitas penyimpanan sampai 500 GB. Wah, cukup untuk menyimpan semua data-data saya nih. Selain data-data kantor, foto-foto pribadi dari jaman langsing sampai jaman kurang langsing, juga video favorit bisa tersimpan dengan aman. Enaknya semua bisa diakses ketika berada di mana aja. Nggak lagi harus nempel sama PC. –Mulai nggak posesif sama PC hehe-

Selain itu untuk memenuhi kebutuhan bekerja dengan beraneka piranti lunak seperti CAD dan Corel, ASUS E202 juga dapat diandalkan. Dipersenjatai dengan Intel® processor terbaik, notebook yang satu ini bisa memberikan performa yang oke ketika mengerjakan aneka pekerjaan saya. Support multitasking banget nih. Ngetik cerpen atau mendesain rumah sambil browsing, sambil sesekali intip video favorit, akan tetap lancar. No lemot!

TEKNOLOGI WIFI TERBARU
Sehari-harinya pekerjaan saya sering berhubungan dengan pihak-pihak lain di berbagai tempat. Belum lagi data-data yang harus diunggah atau diunduh dari internet. Jadi, punya notebook yang terkoneksi lancar dengan internet is a must! ASUS E202 ini punya teknologi WiFi terbaru 802.11ac yang kecepatannya nyaris tiga kali lipat dari 802.11n. Browsing, streaming, download pasti lancar jaya!

Sambil santai begini, masnya tetap produktif, euy!
SMART GESTURE dan DURABLE KEYBOARD
Sebenarnya ya, hal lain yang membuat saya susah lepas dari bekerja pakai PC adalah karena alasan keyboard dan mouse. Keyboard di PC saya udah sehati sama jemari lentik sehingga bisa mengetik dalam kecepatan tinggi hihi. Dan untuk keperluan desain dan gambar rumah, mouse jadi benda yang sangat penting untuk “klak-klik” di dalam aplikasi dengan presisi. Kalau pakai notebook kadang touchpadnya sulit “dikendalikan”.

Tapi ternyata ASUS E202 punya keyboard yang nyaman digunakan, dengan jarak antar keyboard 1,66mm yang membuat proses mengetik lebih nyaman. Dan nggak usah takut karena keyboard ini kokoh dan tahan sampai 10 juta kali pengetikan. Jemari lentik bisa menari dengan aman.  

Touchpad besar dan responsif, nyaman untuk bekerja.
Nah, istimewanya lagi, touchpadnya yang sangat responsif, macam layar smartphone aja. Dan akurasinya tinggi. Hm, nggak perlu khawatir ya “meleset-meleset” ketika “klak-klik”. Belum lagi ukurannya lebih besar dibandingkan touchpad pada notebook lainnya yang berukuran sama. Ini karena fitur teknologi ASUS Smart Gesture sehingga touchpadnya lebih intuitive dan memiliki banyak fungsi macam layar smartphone.

PENAMPILANNYA KECE

Nah, kemampuan notebook yang satu ini memang tidak usah diragukan lagi, tapi karena notebook ini akan jadi benda yang nempel sama saya kemana-mana, rasanya pengen dong ditemani sama yang punya penampilan kece. Biar makin semangat kerjanya. 

ASUS E202 ini penampilannya simpel, elegan dengan desain tipis dan fanless. Artinya ketika dinyalakan nggak bunyi-bunyi berisik. Nah, notebook yang hadir dalam versi Windows 10 dan juga DOS ini tersedia dalam pilihan warna Silk White, Dark Blue, Lightning Blue dan Red Rouge.

Semua pilihan warnanya kece banget!
Tinggal pilih deh, mana yang sesuai dengan kepribadian masing-masing. Konon, warna favorit bisa menunjukkan karakter seseorang. Misalnya orang yang menyukai warna biru berarti cerdas dan dapat dipercaya, sementara penyuka warna merah adalah pribadi yang percaya diri dan ekspresif. Sedang penyuka warna putih adalah pribadi yang penuh kehati-hatian dan prefeksionis.

Tapi melihat empat pilihan warna kece ASUS E202 bikin saya pengen punya semuanya! Hehe. Kalau kamu suka yang mana?  

EKONOMIS
Wah, puas deh dengan informasi tentang (calon) notebook andalan saya ini. Eh tapi tunggu dulu, dengan aneka kelebihan dan performa mumpuni di atas, harganya bikin tabungan jebol nggak nih? Ternyata aman, Mbak dan Mas! ASUS E202 bisa dipinang dengan harga tiga jutaan rupiah saja. Ah, legaa... Ekonomis ya!

Bakal lebih produktif dan kreatif dengan ASUS E202
Hmm kalau begini nggak perlu ditunda terlalu lama kayaknya untuk punya notebook ini. Saya nggak pengen lagi ide menulis menguap, kerjaan gambar rumah nggak selesai, atau telat kirim invoice (penting nih! Hihi) ketika jauh dari PC. Kan ada ASUS E202.

Saya semakin yakin, dengan Notebook ASUS E202, bisa tetap produktif dan kreatif di mana-mana!

Blog Competition ASUS E202 by uniekkaswarganti.com

23 comments:

  1. Aku mau yang biru makwind, mau beliin ya 😀😀

    ReplyDelete
  2. ASUS E202 memang keren. Saya juga sudah pernah memakainya. Ukuranya minimalis dan bisa dimasukan kedalam tas kecl. Kemarin pas saya pergi, saya juga bawa notebook ini, bobotnya ringan, jadi gak bikik pegel di pundak. Recomended pokonya, terutama buat anak sekolah atau mahasiswa, ataupun pekerja

    Kangamir DOT com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh semoga saya juga ada rejeki punya ASUS E202nya, Mas

      Delete
  3. Replies
    1. Semoga bisa punya juga ya Mbak Vita..

      Delete
  4. Nabung duluuu, moga twrwujud juga si kakak milzam, Winda jugaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amiiin... kakak Milzam semoga dapat yaa

      Delete
  5. Keyboard. Itu penting banget mbak. Kadang suka ngehang atau ga respon. Asus E202 ini kayaknya pengertian banget. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe.. iya suka bete kalau keyboard "nggak temen"

      Delete
  6. Kalau misalnya mudik terpaksa bawa kerjaan, notebook ini tetap bisa kebawa ya di antara koper2 lainnya. Soalnya kan tipis, ringan pula.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huum, Mbak Ika.. penting banget tuh, biar kerjaan lanjut teruss

      Delete
  7. kecil kecil cabe rawit si asus e202 ini ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pedes-pedes menggoda ya kakak Din

      Delete
  8. Mak wind.... yg merah buat aku ajah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh, Mbak Muna, aku yang biru juga mau kok hihi

      Delete
  9. Terima kasih sudah ikutan #E202BlogCompetition. Good luck yaaa...

    ReplyDelete
  10. laptop yang keren buat jiwa dinamis nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren buat kita semua berarti, :)

      Delete
  11. Asus E202 sangat cocok dengan Mbak Winda yang sibuk dan produktif. Salam kenal! Salam silaturahmi! Bila berkenan folback blogku ya Mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga! Siap Mas Epa Mustopa!

      Delete
  12. nice post 👍

    salam kenal :)

    ReplyDelete