Wednesday, May 1, 2019

Resep Lumpia Sehat ala YOUVIT


Untuk kesehatan badan, saya termasuk orang yang lebih suka mengonsumsi suplemen ketimbang obat. Ibaratnya lebih baik mencegah daripada mengobati. Hal ini saya terapkan juga untuk keluarga saya. Suami dan anak-anak masing-masing punya suplemen yang saya sesuaikan dengan aktivitas keseharian mereka. 

Bukan karena tren saya selalu siap sedia suplemen di rumah, tapi karena saya sadar banget kalau makanan yang saya siapkan dan sediakan dan juga yang kami konsumsi masing-masing masih belum ideal memenuhi kebutuhan tubuh akan zat-zat gizi. Kadang memang masakan yang memanjakan lidah itu belum tentu 100% baik di tubuh. 

Jujur saja kalau lidah masih sering dimanjakan dengan makanan enak. Apalagi tinggal di kota macam Semarang yang punya aneka kuliner nan lezat. Soto di Semarang itu rata-rata enak, apalagi kalau dikonsumsi bareng dengan aneka gorengan dan sate-satean. Belum lagi lumpia, makanan khas Semarang yang berisi rebung, telur, dan udang. 

Meski tahu kalau makanan-makanan itu apalagi goreng-gorengan tinggi kalori, saya sih nggak pernah menghitung jumlah kalorinya. Akibatnya, ya tanggung sendiri deh. Hehe. Saya ngaku kalau masih sering menggoreng makanan daripada metode lain yang lebih sehat, mengukus, misalnya. 

Padahal tahu juga sih, akibat negatif dari mengonsumsi makanan yang kurang sehat itu terlalu sering. Salah satunya obesitas, yang jadi momok sebagian besar perempuan. Belum lagi naiknya risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, gagal ginjal, dan diabetes. 

Padahal kalau mau, bisa lho, kita mengubah pola makan kita menjadi lebih sehat. Pola makan yang sehat adalah pola makan yang tinggi serat, memasak dengan rendah lemak, perbanyak buah dan sayur, dan mengganti sumber protein menjadi ubi, singkong, kacang, tahu, dan tempe. 
Chef dari Hotel HAKA demo memasak Lumpia Sehat
Salah satu langkah simpel adalah dengan memodifikasi resep masakan, dan mengolahnya dengan cara-cara yang lebih baik. Makanya acara YOUVIT yang ngomongin tentang makanan dan hidup sehat di HAKA Hotel Semarang tanggal 25 April kemarin menjadi menarik. Karena di sana saya jadi dapat resep lumpia Semarang yang lebih sehat dari Rachel Olsen, Nutrition Specialist dari YOU Pte. Ltd dan chef dari hotel HAKA. Bareng sama PR Manager YOUVIT, mas Brigif Aditya, Blogger Gandjel Rel berkesempatan ikut acara masak sehat yang seru sekaligus dapat info tentang kesehatan.


Saya bagi nih resepnya: 
Lumpia Sehat Ala YOUVIT
Resep Lumpia Sehat 

Bahan-Bahan: 

Lembaran Kulit Lumpia 
Wortel dipotong korek api 
Tahu putih dipotong korek api 
Tauge panjang 
Buncis diiris 
Bawang putih cincang 
Minyak zaitun untuk menumis
Kecap manis  
Garam dan Merica Secukupnya


Cara Membuat: 
Tumis bawang putih cincang dengan minyak zaitun sampai harum. Masukkan bahan-bahan lain, tumis sampai agak layu. Masukkan kecap manis. Tumis sebentar, angkat. Letakkan di atas lembaran kulit lumpia. Lipat-gulung-hidangkan. 

Superduper praktis ya. Buktinya tiga orang blogger ngehits ini langsung bisa praktek nggak pake lama dan nggak pakai bingung. Lima menit aja acara masaknya, lumpia cantik, sehat plus lezat berhasil dihidangkan. 
Emak-emak masak lumpia dalam waktu lima menit!

YOUVIT Suplemen Dewasa Rasa Enak 
Lucu ya bentuknya kenyal.
Kalau saya sedang bekerja di luar kota kadang kala selama berhari- hari jadwal kerja sangat padat dan melelahkan. Saya jadi kurang istirahat, makan juga kurang teratur, dan biasanya di sela waktu kerja diisi dengan kulineran alias makan enak. Kalau sudah begitu kondisi badan sangat mudah turun. Padahal penyakit macam batuk pilek saja jika sampai menyerang dalam keadaan pekerjaan menumpuk, akan sangat mengganggu performa. 

Ketika bepergian keluar kota, suplemen yang praktis dibawa adalah keniscayaan. Saya kurang sreg bawa-bawa suplemen yang berbentuk cairan. Repot dibawanya sekalipun dalam kemasan kecil. Biasanya suplemen yang bentuknya tablet jadi pilihan saya. Asal ada air, tinggal glek, khasiatnya bisa saya rasakan. 

Biarpun tinggal glek, suplemen yang saya minum juga saya pilih yang rasanya enak, atau setidaknya lumayan. Biasanya saya bawa sekitar dua suplemen untuk memenuhi kebutuhan gizi saya. Dari acara bareng YOUVIT saya jadi tahu kalau YOUVIT punya suplemen yang rasanya enak, yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan vitamin dan mineral harian orang dewasa. 
Kemasan Youvit Cantik dan Praktis dibawa-bawa
YOUVIT membuat suplemen untuk dewasa yang bentuknya gummy, jadi kenyal macam permen gitu. Padahal setahu saya, suplemen berbentuk seperti ini hanya ada untuk anak-anak. Kemasan YOUVIT juga sangat praktis, masing-masing dalam kemasan satuan macam permen yang bisa masuk di tas tenteng kecil, bisa dibawa di saku, dan bisa dinikmati kapan saja. 

Meski rasa YOUVIT enak dan fun ketika dikunyah, tapi konsumsi YOUVIT ini nggak boleh berlebihan, cukup satu gummy saja per-harinya. Kalau berlebihan, vitamin yang ada tidak bisa 100% diserap oleh tubuh. Dosis seimbang ini perlu karena pada vitamin dan mineral yang dapat diserap dalam tubuh manusia itu terbatas. Karenanya dosis seimbang dalam multivitamin penting, dan khasiatnya akan terasa jika dikonsumsi konsisten setiap hari. 

Karena bentuknya gummy, YOUVIT bisa dikonsumsi tanpa perlu dibantu air putih. Dengan rasa mixberry, rasa YOUVIT juga beda dengan rasa suplemen pada umumnya, yang meski nggak pahit, nggak enak juga kalau harus dikulum di mulut. 

Kandungan Multivitamin dan Mineral dalam YOUVIT 

Rasa yang enak juga ditunjang dengan beragam khasiat yang dibutuhkan bagi orang dewasa. Dosis vitamin dan mineral dalam YOUVIT sudah disesuaikan dengan kebutuhan orang dewasa, sehingga kebutuhan vitamin harian kita bisa terjaga. Setiap gummy mengandung 10 vitamin & 2 mineral penting yang membuat tubuh tetap sehat dan fit! 
Kandungan Multivitamin dan Mineral dalam YOUVIT

Setiap Gummy YOUVIT mengandung vitamin A, C, D, E, dan juga vitamin B Kompleks seperti B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Vitamin-vitamin ini diperlukan untuk sistem imun tubuh kita. Vitamin C dan E kaya antioksidan yang mampu melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan penuaan dini dan kerusakan sel. Sedangkan vitamin B Kompleks dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan hormon dan metabolisme tubuh. Selain itu gummy YOUVIT mengandung Selenium dan Iodium yang berguna untuk fungsi kognitif kita. YOUVIT membantu menyeimbangkan asupan vitamin dan mineral harian. 

YOUVIT ini harganya terjangkau, dan yang paling penting, sudah mendapatkan sertifikat halal. Gelatin yang dipakai di YOUVIT terbuat dari daging sapi halal. 

Untuk mendapatkan khasiat dari multivitamin, kuncinya adalah minum secara teratur. YOUVIT dianjurkan untuk dikonsumsi sesudah makan, 1 kali sehari. Kalau dalam kondisi yang sedang mendapatkan perawatan medis, atau sedang hamil, atau menyusui, sebelum mengonsumsi YOUVIT sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter. 

YOUVIT bisa dibeli di tidak harus belanja di apotek, tetapi bisa toko-toko seperti Alfamart, Watson, Guardian, dan Carefour. YOUVIT sudah tersebar di toko-toko di 129 kota di Indonesia. YOUVIT juga bisa dibeli secara online. 
Multivitamin YOUVIT untuk anak-anak
Saat ini YOUVIT juga sudah meluncurkan produk multivitamin gummy untuk anak. Dengan bentuk yang lucu, dan rasa yang juga enak. Kandungan di dalamnya juga sudah disesuaikan dengan kebutuhan gizi untuk anak-anak. 

Hei, dan ternyata, untuk setiap satu kemasan YOUVIT 7 hari yang kita beli, berarti kita turut menyumbang satu multivitamin gummy. Sehat memang baiknya tidak sendiri, tapi juga bisa membuat orang lain jadi sehat juga, ya kaaan. 

Sumber gambar dan bahan: 

PowerPoint Presentation YOUVIT 


Blogger Gandjel Rel 


35 comments:

  1. Aihh...cakep ya resepnya. Gampang diikutin. Mmg makin hari ..hrs makin jaga kesehatan spy ga gampang loyo nih..

    ReplyDelete
  2. Wah resepnya simpel ya...bisa dicoba nih di rumah, dan toss aku juga lebih seneng konsumsi suplemen untuk jaga stamina

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, simpel, dan yang nggak suka rebung jadi makan lumpia hehe

      Delete
  3. Mbak wind .. aku membayangkan isiannya lunlia tuh dimakan pake nasi anget kayanya enyak ya mbak heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah bener yaa jadi lauk tambahan. Dicocol saus gitu juga enak

      Delete
  4. Mbak Wind, seru banget acara Youvit.
    Dikasih resep lunpia yang simple, sehat pula.
    Cara bikinnya juga gampang. Jadi pengen praktik juga akutuu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya resepnya simpel, enak trus sehat. . kalo resep rendang, pasti tak sempat kutulis karena rumit hihi

      Delete
  5. Kunci lumpia sehatnya ada di minyak zaitun untuk menumis dan tidak digoreng ya mba... Hm, jadi pengen nyoba juga nih resepnya. TFS y mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya mbak, kalo zaitun untuk menumis masih oke.

      Delete
  6. wow vitamin di youvit lengkap banget, ya, jadi praktis bisa konsumsi 1 aja biar tubuh terus fit sepanjang hari

    ReplyDelete
  7. Whoaaa,, ini lumpianya isiannya enak2.
    Nggak pake rebung ya mbak?
    Nggak digoreng juga ya?
    Sebaiknya emang mengurangi gorengan sih ya. Tp lidahku masih cinta gorengan. Haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tos lah cinta gorengan. Lumpia ini cuma ditumis bagian isinya aja

      Delete
  8. "dan mengganti sumber protein menjadi ubi, singkong, kacang, tahu, dan tempe."

    Ubi & singkong bukannya sumber karbohidrat ya, Mbak? Kalo proteinnya kayaknya relatif rendah. CMIIW.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, ada kandungan proteinnya, meski karbo yang paling gede hihi

      Delete
  9. mbak winda pecinta soto juga ni kayaknya? hihi.. emang lebih baik mencegah daripada mengobati. udah ngerti gitu sih, tapi kadang masih ndablek huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soto itu makanan yang aku suka, tapi nggak pernah kubuat sendiri. :)

      Delete
  10. Youvit ini aku sukanya karena nggak perlu diminum dengan air, bisa dimakan karena bentuknya gummy. Tumben nih Naufal mau biasanya kan susah kalo disuruh konsumsi vitamin

    ReplyDelete
  11. Aku juga lebih suka minum suplemen daripada minum obat, mba Win. Makanya sekarang berusaha banget jaga kesehatan

    ReplyDelete
  12. Kadang apa yang kita hidangkan memang belum seimbang ya komposisi gizinya. Pas banget kalau dilengkai dengan Youvit sebagai multivitamin keluarga.

    ReplyDelete
  13. Makasih resepnya, Mba Winda... lumayan nih bisa buat menu sehat buka puasa :)

    Eh, baru tahu ada Youvit untuk anak. kemasannya lucu banget.. :) lumayan nih jadi alternatif camilan buat hasna

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kembali kasiih, Arinaa. Iya Youvit anak ini sekarang jadi favoritnya anak-anakku

      Delete
  14. Rameee menyenangkan kumpul sama gres dengan acara yang positif.
    Aku masih belum membiasakan makan makanan sehat mba Wind wkwkkw mulai belajar lagi ah mamam sehat. Youvit enak ga hehhehe aku penasaran

    ReplyDelete
  15. Waaw vitamin dan mineral youvit banyak bgt mba, oia mumpung bulan puasa aq mau latihan pola makan sehat dan makan youvit sehari satu gummy deh biar pas lebaran tambah fit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow Maraa... semoga lebaran berhasil pake baju "sempitan" buat bonus sehatnya

      Delete
  16. Seneng banget aku lihatnya mba. Bisa belajar dengan ahlinya. Bikin resep lumpia sehat. Ngga pake telur blas ya teenyata?

    ReplyDelete
  17. Salam kunjungan dan follow sini ya :)

    ReplyDelete