Thursday, August 10, 2017

Kuis Film: Cari Tahu Film yang Cocok Buatmu

Sumber: pinterest

Sejatinya menonton film adalah sarana untuk mendapatkan hiburan. Hiburan itu kan artinya sesuatu yang dapat menghibur hati. Kalau habis nonton film tapi trus malah depresi atau ketakutan tuh enggak banget bagi saya. Udah bela-belain waktu buat nonton, kadang keluar biaya buat beli tiket, kudu bikin bahagia dong sesudahnya.

Nah kalau ditanya film favorit saya apa, jawabannya: banyak. Seperti tema Arisan Blog Gandjel Rel yang diusung oleh dua mbak blogger aktif Sri Untari : http://www.duniaqtoy.com/ dan Ira Sulistiana: http://www.irasulistiana.com/ Film favorit, artinya film yang saya tonton tidak hanya dua-tiga kali. Namanya favorit ya ditonton berulang-ulang. Bisa nonton berulang-ulang biasanya karena saya punya dvdnya, atau kalau dulu punya kaset videonya yang segede batu bata itu.

Kalau mau nonton yang mana, tergantung mood. Kebanyakan sih memang film favorit saya itu ada hubungannya sama film yang saya tonton waktu kecil. Jaman di mana acara tivi baru mulai sore hari, dan kartun cuma ada di hari Minggu, jadilah nonton film di video hiburan yang paling menyenangkan.

Kemarin nih, baru aja saya nonton lagi salah satu film favorit saya masa kecil di Cinemax: The Goonies. Film ini kisahnya tentang sekelompok anak penggemar petualangan yang menamakan diri Goonies. Mereka harus berlomba dengan sekelompok penjahat untuk mencari harta karun yang tersembunyi di bawah tanah. Seneng banget dulu nonton film ini.

Film favorit lain semasa kecil berhubungan sama film buatan Jepang seperti Google V, Gaban dan Sharivan. Ditambah lagi kartun-kartun dari Disney seperti Lady and The Tramp, Donald, Mickey dan Goofy. Apa mau dikata nggak banyak kan film anak-anak buatan Indonesia di masa itu. Lucunya waktu saya lagi hamil anak pertama, ngidamnya adalah nonton film kartun Disney. Saya sampai ngumpulin dvd film-film yang lama, beli yang baru, lalu nonton Chip and Dale dan Cinderella sepanjang waktu luang.

Kalau serial televisi favorit dihitung film, berarti serial si Doel Anak Sekolahan dan Girlmore Girls termasuk film yang favoriiiit banget. Sayangnya saya nggak punya DVD Si Doel, jadi nggak bisa nonton kapanpun saya mau. Keduanya menyajikan kisah keluarga dalam alur yang mengalir dan wajar. Pokoknya film yang bagus itu buat saya yang kisahnya less drama. Benar-benar bikin hati enteng dan gembira waktu nontonnya.

Kalau kamu habis nonton film malah bad mood, barangkali film yang kamu tonton sebetulnya tidak cocok buatmu. Emangnya nonton film mesti pakai cocok-cocokan segala? Tentuu… (ketawa ngikik). Nah bagaimana caranya tahu film apa yang cocok? Coba jawab pertanyaan-pertanyaan bikinan saya yang sudah melalui aneka ‘persemedian’ super serius berikut ini, untuk tahu, film macam apa sih yang cocok buatmu.

1. Kalau kamu sedang marah, hal apa yang paling ingin kamu lakukan untuk meredakan emosi?

a. Belanja ke Mal
b. Makan es krim di gerai favorit
c. Olah raga
d. Menyepi di hutan

2. Apa hari favoritmu sepanjang minggu?

a. Senin
b. Sabtu
c. Minggu
d. Kamis

3. Siapa aktor di bawah ini yang paling kamu sukai?

a. Abimana Aryasatya
b. Tora Sudiro
c. Iko Uwais
d. Arifin C Putra

4. Apa warna favoritmu?

a. Biru
b. Oranye
c. Merah
d. Hitam

5. Kalau ada kesempatan, kamu lebih suka menghabiskan akhir pekan dengan melakukan kegiatan:

a. Ke toko buku
b. Bermain ke wahana taman hiburan terbaru
c. Menonton off road
d. Hunting foto di kota lama

6. Kamu membayangkan dirimu paling pas tinggal di tempat ini:

a. New York
b. Indonesia
c. Jepang
d. Alaska

7. Makanan yang paling ingin dimakan saat ini:

a. Sepotong kue coklat
b. Es Krim
c. Steak daging sapi
d. Sate ayam


Nah, sudah dicatat ya, jawabannya. Sekarang tinggal dihitung, jawaban mana yang palling banyak kamu pilih. Jika jawabanmu paling banyak:

A. Film Drama

Kamu adalah orang yang aktif dan dinamis dan menyukai suasana perkotaan yang sibuk. Film yang cocok buatmu adalah film drama seperti “The Devil Wears Prada”. Kenapa saya sebut film itu, karena semenjak punya DVDnya, nggak bosan-bosannya, saya nonton film ini. Yang paling saya suka sebetulnya settingnya. Belum lagi akting Meryl Streep yang meski main di film “biasa” tetap menuai pujian di sana-sini.

B. Film Komedi

Kamu orang yang santai dan humoris. Maka film yang cocok untukmu adalah film komedi. Coba nonton film “Warkop DKI Reborn” atau kalau mau mencari film jadul ada film favorit saya nih, buatan tahun 80an judulnya: “Apanya Dong” karya sutradara Nya Abbas Akup. Salah satu bintangnya adalah TItiek Puspa, Kang Ibing, Aom Kusman, Mama Hengky dan Surayana Fatah. Filmnya absurd dan lucu banget. Meski begitu ada pesan-pesan sosial di dalamnya.

C. Film Action

Kamu adalah orang yang suka tantangan dan aktivitas di luar ruangan. Kamu akan menikmati film-film action, kungfu, dan peperangan. Salah satu film action made in Indonesia yang sudah dikenal dunia adalah: “The Raid”. Atau kalau film kungfu yang sering saya tonton masa kecil adalah Kungfu Master dari angka seri satu sampai tak terhingga hehehe. Mulai dari bintang utamanya masih Jet Lee sampai ganti jadi siapaa gitu.

D. Film Horor

Kamu memang misterius dan tercermin dalam penampilan dan pembawaanmu yang tidak biasa. Kamu menikmati banget ketegangan dalam film horor macam “The Doll” atau film-film horor lainnya. Dan saya nggak bisa kasih rekomendasi lebih karena nggak suka nonton film horor karena takut akan terbayang-bayang selama berhari-hari. Dulu waktu kecil ada film mandarin yang menampilkan hantu yang lompat-lompat lalu baru bisa berhenti kalau ditempel kertas. Ya, itu kenangan film horor yang aslinya nggak saya nikmati sama sekali.


Nah, gimana, cocok kan?


16 comments:

  1. Aku kok kelingan jaman2 ne suka baca majalah remaja, aneka apa gadis gt onok kuis2 koyok ngene 😂😂

    Jawabanku akeh B nya pancen seneng sing komedi. Rak seneng pelem sing marai mikir aku. Wong nonton pelem nggo represing kok malah dikon mikir barang 😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah berarti hasil "semedi"nya akurat hihi..

      Delete
  2. Gabung kuisnya yaaa..
    Ternyata aku penggemar drama & horror.
    Plus paling suka nggembol gombal nggo ngerisiki mripat lan idung
    *ngggg...

    Sugeng siang saking Lombok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha.. kenapa nggembol gombalnya di attach di sinii...

      Delete
  3. Berdasarkan kuis di atas, aku penggemar drama dan komedi. Iya beneerr.. Makanya suka nonton kdrama. Hohoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hohoho.. makasih Flo sudah ikut "kuis-kuis-an" :))

      Delete
  4. Aku kok mbingungi ya...pilihan jawaban A sama C :p

    ReplyDelete
  5. Aku orang yang penuh drama namun humoris hahah

    ReplyDelete
  6. Aku suka drama komedi yg live action. Ih kok bisa pas yak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi.. karena.. Makasih Mba sudah mampir

      Delete
  7. Sya C dan D ibang hehee, tapi jawaban keduanya bener banget.. kalo nyari fil, ane suka yang action dan horor. Ajib bener nih riset

    Mba follow back blog ane dong hehe

    ReplyDelete
  8. Duh aku semua suka je. Tapi lebih seneng kalo ada yang horror tp lucu kaya shaun of the dead

    ReplyDelete
  9. Yeay aq dapet Drama Komedi pas seperti kesukaanku hihihi...

    ReplyDelete