Wednesday, September 20, 2017

Aplikasi Asyik Bikin Blog Apik


Aplikasi di PC, Laptop, dan gawai kita semakin hari semakin beragam. Tidak melulu yang berbayar, yang gratis saja juga dapat kita maksimalkan untuk menyelesaikan tugas-tugas harian kita. Bisa jadi itu tugas kuliah, pekerjaan kantor, mengerjakan PR anak sekolah, dan yang paling penting, memudahkan menulis blog. Dengan berbagi informasi tentang aplikasi yang biasa digunakan, teman-teman yang lain juga mendapatkan manfaat. Begitu kurang lebih yang diharapkan Rahma : http://www.rahma21.com dan Nyi Penengah Dewanti: http://www.nyipenengah.com dua blogger muda yang aktif dalam Arisan Blogger Gandjel Rel periode ini.

Disclaimer: karena saya awam, baru-baru aja belajar ngeblog agar lebih baik, bahasa teknis yang saya pakai mungkin saya kurang tepat.

H A R A P M A K L U M

Jaman dulu saya cukup akrab dengan aplikasi di PC seperti MS Office, kemudian AutoCAD, karena pekerjaan yang berhubungan dengan denah dan gambar. Selain itu aplikasi Photoshop dan Corel Draw juga cukup sering saya gunakan. Meski kalau sekarang sudah agak-agak lupa pakai Photoshop. Padahal dulu juga sempat les. Aplikasi di PC itu memang canggih, baik dipakai untuk pekerjaan profesional, khususnya yang berhubungan dengan grafis, tapi juga harganya lumayan mahal. Kalau buat saya cukup repot karena setiap kali pindah PC/ Laptop, berarti saya harus punya aplikasi itu di masing-masing tempat. Belum lagi proses menginstall aplikasi yang belum tentu sekali jadi. Berhubung saya lumayan “malas” belajar hal ini, jadi cukup merepotkan.

Untungnya, sekarang dengan gawai dan aplikasi gratisan yang bisa diunduh di Play Store, kita bisa menghasilkan karya yang tidak kalah baiknya, dibandingkan jika kita memakai aplikasi canggih di PC tadi.

Namanya ngeblog pasti berhubungan dengan tulisan. Pastinya kurang kalau blog tidak dilengkapi dengan tulisan. Untuk membuat tulisan, saya masih pakai cara aman. Sampai sekarang saya masih menggunakan Word untuk membuat kerangka tulisan yang akan saya unggah di blog sampai selesai. Setelahnya, barulah saya pindah ke dashboard, lalu mungkin saja ada beberapa perubahan di sana. Dengan punya tulisan aslinya di Word, saya tidak perlu khawatir jika sewaktu-waktu ada jaringan eror, yang bisa bikin postingan tiba-tiba hilang tak berbekas. Saya sih tidak mengalami, tapi beberapa teman pernah sharing jika tulisannya di draft blog tiba-tiba hilang. Huhu nggak kebayang kan menulis lagi untuk kedua kalinya, yang biasanya karena diawali dengan jengkel dan putus asa, jadi nggak semaksimal tulisan yang pertama.

Makanya untuk menulis, saya selalu menggunakan aplikasi untuk dokumen, jika di PC/ Laptop ya pakai word, jika di gawai, pakai Notepad, agar kita selalu punya backup tulisan kita.

Setelah menulis, blog akan lebih menarik jika dilengkapi dengan foto. Salah satu penunjang tulisan kita di blog memang foto-foto yang menarik. Misalnya kita menulis tentang perjalanan, jika tidak dilengkapi foto rasanya bagai makan pecel tanpa kerupuk.

Jaman resolusi kamera ponsel kurang memadai, saya selalu bawa kamera digital untuk mengambil gambar. Foto-foto di dalam kamera itu lalu saya pindahkan ke komputer, lalu saya edit di sana.

Di PC saya menggunakan aplikasi sederhana yaitu Microsoft Office Picture Manager untuk me re-zise foto. Kadang gelap-terang, juga cropping foto saya lakukan pakai Microsoft Office Picture Manager. Setelahnya untuk menggabungkan lebih dari satu foto, atau menambahkan keterangan tulisan di dalam foto, atau watermark, saya edit pakai Corel. Banyak langkah memang yang harus saya lakukan waktu mengedit foto ini. Waktu yang dihabiskan kadang sama atau lebih daripada ketika membuat tulisannya. Cukup repot dan melelahkan.

Tapi sekarang syukurlah, gawai sudah dilengkapi dengan kamera yang baik, jadi saya jarang bawa-bawa kamera digital jika ingin mengambil gambar pelengkap tulisan. Lalu foto-foto yang didapatkan itu tidak perlu saya pindah dulu ke PC/ Laptop dulu, tapi langsung saya atur di gawai. Biasanya kalau foto yang ingin saya tampilkan di blog cukup banyak/ lebih dari lima, saya gabung beberapa diantaranya menjadi satu. Nah untuk keperluan-keperluan itu di gawai saya antara lain ada aplikasi-aplikasi berikut: (Semua aplikasi ini bisa diunduh gratis melalui Play Store)

Photo Grid

Di aplikasi Photo Grid, cara menggabungkan fotonya sangat sederhana dan mudah. Tinggal ikuti langkah-langkah di sana yang ditunjukkan pakai gambar dan tulisan. Selain itu kita juga bisa membuat slide show sederhana. Anak-anak saya yang umurnya 7 dan 9 tahun juga sudah mulai bisa memakai aplikasi ini untuk mengedit video dan foto yang mereka inginkan. Aplikasi Photo Grid perlu tempat sebesar 59MB.

Pics Art

Selain itu ada juga Pics Art. Aplikasi Pics Art ini cukup gede sih, sekitar 134 MB untuk Versi 9.8.3nya. Iklan yang lewat juga lumayan banyak. Pics Art juga bisa mengolase foto-foto kita, selain itu bisa dipakai untuk mengedit foto dengan aneka filter atau efek yang menarik. Tapi kalau saya sering-seringnya pakai untuk mengecilkan ukuran resolusi foto.




Tulisan lucu itu dibuat pakai Snapseed
Snapseed

Untuk keperluan bikin watermark aplikasi ini praktis dan menghasilkan watermark dengan font dan bentuk yang menarik.

Gif Maker- Gif Editor

Aplikasi ini bisa digunakan untuk menggabungkan beberapa foto atau gambar lalu diubah formatnya menjadi .gif. Alias gambar yang bisa berganti-ganti sendiri. Aplikasi ini bisa juga dipakai untuk video.

Latar belakang, tulisan, juga filter yang saya pakai ada di aplikasi Textgram
Textgram

Aplikasi Text gram saya pakai kalau mau bikin tulisan yang rada banyak dengan gambar atau foto sebagai latarnya. Kalau jaman di PC saya kudu bikin pakai Corel, sekarang cukup pakai Textgram. Bahkan saya sering bikin template undangan untuk keperluan RT di sini. Hehe. Textgram juga menyediakan beberapa gambar untuk background dan font yang cukup menarik.

Nah, aplikasi-aplikasi yang sudah saya sebut di atas selama ini setia ngendon mengisi kapasitas memori gawai saya. Selama ini membuat saya makin asyik ngeblog dan harapannya tampilan blog makin apik.

Semakin banyak aplikasi yang bagus dan gratis di Play Store memang memudahkan kita untuk membuat tampilan blog semakin baik. Tapi biar bagaimanapun canggihnya aplikasi-aplikasi itu, tidak (atau belum) ada aplikasi yang bisa membuat tulisan kita langsung jadi dan bagus. Hehe. Aplikasi itu cuma ada di dalam otak, terus disalurkan lewat jemari yang mengetuk keyboard atau tab gawai. Yuhu semangat!

20 comments:

  1. Wah jago corel dan potoshop ig. Salim ah sama master. Aku latian ndiri mpe sekarang kok ga nyandak2 y mba. Huhu.. remah2 godong garing saya mmg maaaah :'( btw, tfs nya mba winda. Semoga makin sukses terus ya ngeblognyaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh ndak master babar blas padahal. Sama-sama semoga makin lancar ya Mbak

      Delete
  2. Aplikasi yg dipakai mbak Winda macem2, tapi ada yang aku nggak tahu nih..hehe.

    ReplyDelete
  3. Belum nyobain gif maker niy, lets try..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi.. aku pakai karena dulu mau untuk lomba blog yang banyak fotonya :D

      Delete
  4. Baru pakai photo gird aja nih, nanti nyoba yang lain juga ah

    ReplyDelete
  5. Nice info mba. Nanti mau coba satu-satu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sudah mampir, Mbak. Silakan dicoba :)

      Delete
  6. Wah keren aplikasinya, aku ngertinya cuma pics art doang.. Dan selama ini aku malah pakai power point buat ngedit foto hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, pakai power point? Coba juga ah :)

      Delete
  7. Wah tambah ilmu baru di textgram dan gif maker. Coba ahhh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuuk... foto-foto Mbak Archa kan keren-keren pisan. :)

      Delete
  8. Aku belum tau soal textgram dan gif maker..makasih lho sudah di share....

    ReplyDelete
  9. Aku baru tahu ttg textgram malah, keren Winda nih semua udah nyoba

    ReplyDelete