Tuesday, October 3, 2017

Menyalurkan Zakat, Infaq, Sedekah lewat Lazizba

Rasanya hampir semua orang Semarang tahu keberadaan satu masjid besar di pusat kota, yaitu Masjid Baiturrahman. Masjid yang terletak di Barat lapangan Simpang Lima ini sudah lama menjadi jujugan masyarakat untuk melaksanakan solat, pengajian, juga beragam kegiatan keagamaan lainnya.

Tapi mungkin belum banyak yang tahu, kalau masjid Baiturrahman juga punya lembaga amil zakat yaitu LAZIZBA. LAZISBA adalah lembaga amil zakat yang berada di bawah pembinaan Yayasan Pusat dan Pengembangan Islam (YPKPI) Masjid Raya Baiturrahman. LAZIZBA ini dibentuk dalam rangka untuk mengelola potensi zakat, infaq dan sedekah (ZIS) dari jamaah masjid yang belum tergarap secara maksimal. Seiring perkembangan Lembaga dan tuntutan UU No 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat, kini LAZIZBA sudah terdaftar dalam SK Kemenkumham No AHU-10075.50.10.2014 pada Tanggal 3 Desember menjadi Yayasan Lazis Baiturrahman.

Membayar zakat memang sudah menjadi kewajiban setiap umat Islam. Selain itu infaq dan sedekah, juga diharapkan menjadi sesuatu yang rutin untuk dilakukan, agar harta yang diberikan oleh Allah SWT memperoleh keberkahan. Sekarang ini memang banyak lembaga amil zakat di Indonesia. Sebagai masyarakat, harus mengetahui apakah lembaga tempat kita menyalurkan ZIS kita sudah memiliki ijin resmi dari pemerintah. Hal ini penting agar niat kita tersampaikan kepada yang benar-benar berhak dan dikelola melalui program-program yang dapat dipertanggungjawabkan.

Untuk LAZIZBA sendiri saat ini sudah memiliki aneka program. Sesuai dengan tujuan didirikanya yaitu:
  1. Membantu mengatasi kesenjangan sosial ekonomi masyarakat sehingga terwujud hubungan masyarakat serta sejahtera materiil dan spirituil.
  2. Menjaga harkat dan martabat mustahik.
  3. Mengentaskan kemiskinan
  4. Memberikan bantuan pada anak yatim piatu
Program-program LAZIZBA ada dalam empat bidang yaitu:

EKONOMI 
 
Pembinaan Usaha Lazizba

Dengan program pemberian bantuan modal pada Mustahik tanpa bunga atau disebut KUBAH (Kredit Usaha Barokah). Bantuan modal tanpa bunga tersebut sudah disalurkan ke Desa Tambak Mulya (2009), Mangkang (2009) , Tegowanu, Karangawen (2009), Cepoko (2010 – 2015) dan Tambak Rejo-Kali Gawe (2014 – 2019)

KESEHATAN 
Pengobatan gratis Lazizba
BERCERITA (Bersalin dan berbagi cinta ) yaitu pogram bersalin gratis untuk mustahik dengan investasi 600.000/ kelahiran. Ada lagi program IBU – KUS (Ibuku sehat – Anaku Cerdas ) berupa pemeriksaan, penguatan dan peningkatan gizi Ibu dan anakdi desa binaan/ yang telah terdata sebagai mustahik dengan investasi 50.000/ ibu. Baksos kesehatan di daerah binaan, dan SUNAH (Sunat Barokah) yaitu program sunat gratis bagi anak yatim piatu, yatim, duafa.

PENDIDIKAN 
Sekolahku Indah Lazizba
 BUS (Bea Siswa Untuk Surga) yaitu pemberian Bea Siswa untuk anak asuh dengan nominal: SD (Rp. 50.000), SMP (Rp. 75.000),SMA (Rp. 100.000). Ada program “Sekolahku Indah” berupa pemberian bantuan renovasi bagi sekolah – sekolah yang belum memenuhi standar dengan investasi program Rp. 2.500.000/ program. Ada juga program MAKSUM (Masjidku Tersenyum ) berupa bantuan untuk pemberdayaan Masjid agar lebih makmur dengan investasi Rp. 1.000.000

Program pendidikan yang lain adalah pembangunan ELC (Education Learning Centre) yaitu pusat pengembangan pendidikan bagi mustahik. Program ini menerima waqaf tunai dengan nominal RP. 1000.000 dan sudah ada tanah waqafnya.

LAZIZBA juga memiliki program pendirian TPQ di daerah rawan aqidah yang disebut ASYIK (Taman Syiar Qur’an) serta SANTRI (Sahabat Anak Berprestasi) yaitu program pengiriman assatid yang mendampingi anak asuh serta guru mengaji di TPQ yang telah didirikan.

KEPEMUDAAN (SABAB)
Pelatihan Pemuda Lazizba
 Program Kepemudaan LAZIZBA berupaya menciptakan pemuda muslim yang sempurna IMAN dan ILMU yang siap menegakkan Islam, berkarakter Islami, Mandiri dan berjiwa Sosial Tinggi. Selain berfungsi sebagai bank Sumber Daya Manusia untuk Lembaga, program kepemudaan juga sebagai sarana pengembangan semangat Entrepreneurship di kalangan pemuda.

Untuk melaksanakan program-program tersebut, LAZIZBA memiliki sumber-sumber dana berikut ini:
  1. Zakat, Infaq, dan Sedekah merupakan hak penuh Pengurus LAZISBA dalam kebijakan pengelolaan anggaran.
  2. Dana CSR (Corporate Sosial Responbility ) dana bantuan sosial dari perusahaan yang akan disesuaikan program LAZISBA dan program dari perusahaan.
  3. Dana Program berupa penawaran program – program khusus (bea SISwa, Maksum, waqaf dll ) kepada donatur dengan perjanjian jangka waktu tertentu. Memakai akad khusus.
Untuk itu LAZIZBA kini gencar menyosialisasikan program-programnya untuk memberikan informasi kepada masyarakat, bahwa LAZIZBA siap menerima, menampung dan menyalurkan Zakat, Infaq dan Shodaqoh kaum muslimin, kepada pihak-pihak yang membutuhkan dan melalui program-program yang berkesinambungan.

LAZIZBA dapat dihubungi melalui:
Telepon : 085 100 999 774
EMAIL : lazis.baiturrahman01@gmail.com
ALAMAT : Jalan Mugas Dalam No 22 Semarang
FB : Lazis Baiturrahman
IG/twitter: @lazisba

2 comments:

  1. Program2nya banyak ya dan sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  2. Semoga makin menebar manfaat untuk umat. aamiin

    ReplyDelete